Arena Bermain & Perkembangan Moral Anak


Apakah bermain dapat mempengaruhi perkembangan moral anak?Jawabannya, iya. Perkembangan moral mencakup perkembangan pikiran, perasaan, dan perilaku menurut aturan dan kebiasaan mengenai hal-hal yang seharusnya dilakukan seseorang ketika berinteraksi dengan orang lain. Pada anak usia dini, moralitas bagi mereka merupakan hal abstrak dan sulit untuk didefinisikan, sehingga perlu cara lain untuk mengenalkan “apa itu moral” pada anak, yaitu melalui kegiatan bermain.


Anak usia dini tidak bisa lepas dari kegiatan bermain. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan berbagai aspek perkembangan moral. Misalnya dalam bermain diberikan tata cara atau aturan yang harus ditaati dan tidak boleh dilanggar. Disinilah peran bermain dalam mengembangkan moral berjalan. Ketika anak sudah mau mengikuti aturan yang berlaku, maka tidak akan sulit memberikan konsep-konsep yang berlaku juga dalam masyarakat, misalnya anak kecil harus salim dan berpamitan kepada orang tua sebelum sekolah atau bepergian.


Agama, yang menjadi aspek terdekat dalam moral juga dapat distimulasi kepada anak-anak melalui kegiatan bermain. Bisa dicontohkan ketika bermain rumah-rumahan, mengucap salam saat masuk dan keluar rumah bisa menjadi opsi dalam mengenalkan moral yang baik kepada anak, dan masih banyak lagi. Walaupun terlihat biasa saja, namun pengenalan-pengenalan tersebut dapat berdampak pada perkembangan moral anak usia dini.


Di arena bermain Mr.Games, Wonderland, Happy Time dan Fun & Play tersedia berbagai permainan yang melatih ketangkasan dan seru untuk segala usia. Wahana adventurenya pun memiliki banyak mainan edukatif yang mendukung perkembangan moral anak. Ayo, segera kunjungi arena bermain Mr.Games, Wonderland, Happy Time dan Fun & Play yang seru dan menyenangkan di kotamu :)




16 views0 comments

Recent Posts

See All